Sangat Cepat Perkalian 11

Posted by Posted by orgoogle On 14.48

Metode ini merupakan cara cepat perkalian dengan 11 .Tidak seperti umumnya hanya sampai ratusan tetapi ini bahkan sampai jutaan pun juga bisa .Saya mendapatkan informasi ini sewaktu aku akan masuk SMA .

Waktu itu Ibuku mengajak aku yaitu Wildan hilmy untuk belajar psikotes disebut juga tes TPA atau pula test IQ .Karena aku bingung akan belajar apa jadinya Ibuku berusaha mengajakku ke toko buku di jember asyiknya sekali .

Saat sampai disana kami menuju ke tempat buku terpopuler .eh ketemu juga buku yang kucari yaitu harganya murah lagi .Sewaktu aku mencari buku itu tidak sengaja aku melihat buku cara cepat berhitung perkalian .Pengarangnya orang Jember lo hebat bukan.Aku sendiri akan tidak membelinya namun setelah kubaca waw.beda dari trik lainnya .

Waduh maaf kelamaan ya.langsung saja dah aku beritahu cara cepatnya untuk cara lain menyusul yaaa.beginini caranya cukup simpel doang kok.

Ada rumusnya lo:

x=(a+b1) sambung b2

Keterangan:

x =hasil perkalian

a =bilangan yang dikalikan dengan 11

b1 =1 digit angka depan dari a

b2 =angka satuan dari a (angka terkahir dari a)

contoh :

14 *11 =?

x=(a+b1) sambung b2

x=(14+1)sambung 4

x=154

Yang membuat bingungni kalau ratusan .tenang saja sobat carnya sama kok.Tapi yang berbeda hanya b1 bukan 1 digit dari depan tapi kalau ratusan dari depan 2 digit dan seterusnya: contoh:

237*11=

x=(a+b1) sambung b2

x=(237+23)sambung 7

x=2607

Jadi kalau ribuan 3 digit awalnya

kalau jutaan 6 digit dari depan ok

Sudah selesai semoga kalian yang membaca ini mulai paham dan menyukai MTK seperti aku ini. doakan aku masuk SMA yang diinginkan yaaaa. dan tidak lupa ak ucapkan terimaksih pada pengunjung orgoogle.blogspot.com yang telah berpartisipasi .semoga para pengungjung orgoogle bisa kembali lagi itu yang aku harapkan

suka dengan artikel ini? klik disini
|

0 comments

Posting Komentar

About Me

Foto saya
I live in indonesia ,city jember ,kaliwates. My name is wildan and the called wildan .thanks to research in my blog .so you must comment please . forgive me about my problem blog.your comment very useful by me and my blog .please comment

jika kita keras di dalam, maka dunia luar akan lunak kepada kita

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer


ShoutMix chat widget